KARYA ILMIAH TENTANG MENGHIDUPKAN LAMPU LED MENGGUNAKAN UANG LOGAM SEBAGAI PENGGANTI BATRAI

0

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Lampu adalah sebuah piranti yang memproduksi cahaya. Lampu memerlukan suatu energi untuk menghasilkan energi cahaya yang digunakan bisa berupa listrik, batrey, gas, dan energy lainnya. Lampu juga dapat mengatur warna dan terangnya cayaha yang diproduksi.

Bola lampu terus berkembang sejak ditemukan hampir dua abad silam. Tuntunan hemat energy memicu inovasi untuk menghasilkan lampu yang efisien dalam memanfaatkan energi. Thomas Alva Edison Amerika Serikat, pada 1870an menghasilkan bola lampu pijar. Cahaya lampu pijar berasal dari nyala filamen, kawat tipis dari tongsten. Saat lampu dinyalakan, arus listrik memanaskan filamen hingga suhu 2200 derajat celcius hingga filamen berpijar supaya panas terkonsentrasi disekitar filamen, tongsten ditempatkan dalam bola lampu kedap udara. Sifat boros lampu pijar mendorong ilmuan dan perekayasa mencari bola lampu baru lebih efisien terkait energi. Lahir lah lampu pendar atau lampu fluorosensi pada 1938. Lampu ini digunakan paling banyak di Indonesia baik tabung (tubular lamp/TL) maupun kompak atau sebagian masyarakat menyebut lampu neon.

Uang logam atau kadang kala disebut koin adalah logam yang digunakan sebagai alat transaksi ekonomi dan biasanya diterbitkan oleh pemerintah. Logam umumnya dianggap sebagai zat apapun yang dapat menghantarkan listrik pada suhu 0 mutlak.

Uang koin yang sekarang jarang digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dapat berfungsi menjadi benda yang bermanfaat untuk menyalakan lampu.

Pada percobaan ini peneliti akan membuat batray dengan cara yang sederhana yaitu membuat batray dari koin logam.

  1. Pembatasan Masalah

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan uang logam 500an berwarna kuning sebagai sumber listrik untuk mengganti penggunaan batray.

  1. Rumusan Masalah

1.3.1 Apakah uang logam dapat menghantarkan listrik?

BACA JUGA  CARA MENCARI NISN LEWAT ANDROID & INTERNET

1.3.2 Bagaimana cara uang logam dapat menggantikan batray untuk menghantarkan listrik?

1.4 Tujuan Pen Elitian

            1.4.1 Untuk mengetahui bahwa uang logam dapat menggantikan batray untuk menyalakan lampu LED.             1.4.2 Untuk mengetahui cara pembuatan uang logam sebagai pengganti batray.

(Visited 97 times, 1 visits today)