Verifikasi & Validasi TIK Kesiapan AKM Sekolah

0

Verifikasi dan validasi dilakukan untuk mengetahui kesiapan Sekolah dalam Pelaksanaan AKM, terkait kepastian perangkat dan kepemilikan dalam menghadapi Asessmen Kompetensi Minimal.

Apakah masing-masing sekolah baik jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat siap melaksanakan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM)?

Oleh karena itu, Pusdatin berharap agar masing-masing sekolah jenjang satuan pendidikan diminta melakukan proses Verifikasi dan Validasi TIK.

Sekolah Diminta Segera Melaksanakan Verifikasi dan Validasi TIK

Untuk itu, tiap-tiap sekolah diminta untuk memastikan apakah masing-masing sekolah sudah memiliki perangkat TIK sebagai data dasar dalam pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM).

Kegiatan pelaksanaan Verifikasi dan Validasi TIK pada intinya digunakan untuk memetakan kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan AKM.

Verifikasi dan Validasi TIK Satuan pendidikan mencakup data status kesiapan TIK dan data status kesiapan AKM yang meliputi, (a) Ketersediaan laboratorium komputer, (b) Jumlah komputer, (c) Ketersediaan sumber listrik, dan (d) Ketersediaan jaringan internet dan kelengkapannyaSetelah masing-masing sekolah melakukan Verifikasi dan Validasi TIK, maka Pusdatin akan mengklasifikasikan kesiapan TIK satuan pendidikan berdasarkan hasil verval atau pembaruan data kesiapan TIK yang sudah dilakukan oleh satuan pendidikan baik jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Ada empat klasifikasi kesiapan TIK yang nantinya dikategorikan oleh Pusdatin berdasarkan hasil Verifikasi dan Validasi TIK yang sudah dilakukan dan dilaksanakan, yaitu kategori: Siap, Potensial 1, Potensial 2, dan Tidak Siap.

Penentuan Pelaksanaan Hasil Verifikasi dan Validasi TIK Oleh Dinas Pendidikan

Sebagai hasilnya, maka Dinas Pendidikan akan menentukan status dan moda pelaksanaan AKM bagi satuan pendidikan di wilayahnya dengan mengakses fitur UBAH STATUS berdasarkan hasil verval atau pembaruan data kesiapan TIK dari satuan pendidikan dan informasi klasifikasi kesiapan TIK.

BACA JUGA  Download Soal AKM 2021

Baca Juga Penerimaan PPK Kabupaten Tebo 2021

Untuk selanjutnya, Dinas Pendidikan menentukan status AKM bagi satuan-satuan pendidikan di wilayahnya ke dalam 4 (empat) kategori pelaksanaan: Mandiri, Mandiri dan Ditumpangi, Menumpang, dan Tidak Menyelenggarakan.

Setelah Dinas Pendidikan menentukan moda pelaksanaan AKM bagi satuan-satuan pendidikan di wilayahnya. 4 (empat) kategori pelaksanaan inilah yang nantinya menjadi pilihan atau Opsi yang disediakan baik pelaksanaan secara Online dan Semi Online.

Apabila terjadi kekurangan tempat pelaksanaan, maka Dinas Pendidikan diperkenankan menambah tempat penyelenggara untuk dijadikan tempat penyelenggara AKM.

Adanya penentuan sekolah atau lembaga yang ditumpangi bagi satuan-satuan pendidikan dengan status pelaksanaan ’Menumpang’. Admin AKM Dinas pendidikan dapat mengakses fitur LEMBAR KERJA untuk menentukan satuan pendidikan mana yang dapat menumpang di satuan pendidikan lain mana dengan mempertimbangkan karakteristik tertentu seperti jarak antar satuan pendidikan, kondisi geografis, daya tampung, atau lainnya.

Sekolah Memeriksa Fitur Profil pada Verifikasi dan Validasi TIK

Satuan pendidikan dapat melihat hasil akhir verval dinas pendidikan dengan mengakses fitur PROFIL. Jika ditemukan ketidaksesuaian satuan pendidikan dapat segera mengkomunikasikan ke dinas pendidikan terkait.

Unduh Panduan Verifikasi dan Validasi TIK UNDUH

Dasar Hukum

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31;

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 dan Pasal 59 ayat 1;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Pasal 57

(1). Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

BACA JUGA  PENGUMUMAN KELULUSAN

(2). Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang, satuan dan jenis pendidikan.

Pasal 59

(1). Pemerintah dan Pemerintah Daerah melakukan evaluasi terhadap pengelola, satuan, jalur, jenjang dan jenis pendidikan.

Laman dan Hak Akses Verval Kesiapan TIK

Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK dapat diakses melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/

Hak akses aplikasi Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK diberikan melalui registrasi keanggotaan pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (SDM) Pusdatin Kemendikbud melalui laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id, dengan penugasan sebagai: (a). Admin Dapodik bagi Dinas Pendidikan Kab./Kota/Provinsi; dan (b). Operator Sekolah bagi Satuan Pendidikan.

Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan 

Silahkan log in melalui laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ setelah masuk nanti akan ditampilkan profil satuan pendidikan masing-masing sekolah, terdapat menu profil “verifikasi dan validasi kesiapan TIK”

Profil Satuan Pendidikan (Kesiapan TIK Satuan Pendidikan)

Setelah operator berhasil masuk ke laman verval kesiapan TIK satuan pendidikan disana terdapat MENU SEKOLAH : 

Beranda, Kesiapan TIK (profil dan verval), Keterangan, dan panduan.

1. Keterisian data Kesiapan TIK bersumber pada hasil pengisian data pada Submenu Verval (Kesiapan TIK Satuan Pendidikan) yang dilakukan oleh operator sekolah;

2. Penentuan 15 sekolah terdekat berdasarkan hasil perhitungan terhadap titik koordinat yang disikan oleh operator sekolah melalui aplikasi VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan kualifikasi pelaksanaan AKM;

3. Status kesiapan TIK;

4. Status kesiapan AKM.

(Visited 238 times, 1 visits today)