Panduan Lengkap Pengisian Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) PAUD 2019

Berdasarkan informasi yang dikutip dari website pemetaan mutu pendidikan PAUD dan Dikmas Kemdikbud, Peningkatan Mutu Pendidikan merupakan sebuah komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang diterapkan melalui berbagai peraturan perundangan terkait sistem pendidikan nasional. Salah satu kebijakan yang telah diambil adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Thun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 

BERIKUT 8 STANDAR

– Standar Isi 

– Standar Proses 

– Standar Kompetensi Lulusa 

– Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 

– Standar Sarana dan Prasarana 

– Standar Pengelolaan 

– Standar Pembiayaan 

– dan Standar Penilaian Pendidikan

Untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dilakukan evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubaha kehidupan lokal, nasional dan global. 

Di tahun 2019 Satuan Pendidikan PAUD yang belum Akreditasi Sekolah, diharuskan untuk melakukan pengisian Pemetaan Mutu Pendidikan PAUD serta SISPENA PAUD.Sebelum kita masuk ke tahap pengisian SISPENA PAUD, terlebih dahulu kita melakukan Pengisian setiap data atau Instrumen di 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi di sekolah kita masing-masing. Berikut ini Panduan Pengisian Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) PAUD DIKMAS Tahun 2019:

1. Silahkan akses Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) PAUD, berikut ini link aksesnya : DISNI

2. Selanjutnya, masuk dihalaman Pemetaan Mutu PAUD, silahkan Login.

3. Sign in atau Login dapat menggunakan akun User Dapodik untuk lembaga, helpdesk Dinas Kab/Kota, adminupt dan verifikator. 

3. Selanjutnya, kita masuk ke tahapan Pengisian Instrumen TK. 

Silahkan klik pada Menu Instrumen TK > kemudian klik pada setiap standar penilaian. Berikut ini hasil pengisian setiap Standar Pendidikan. Untuk pengisian setiap butir Instrumen silahkan klik pada button Iya atau Tidak

(Visited 25 times, 1 visits today)
BACA JUGA  Disclaimer for SMP NEGERI 27 KABUPATEN TEBO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *