Makalah Administrasi Kelas

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sekolah tinggi suatu organisasi didalamnya terhimpun kelompok–kelompok manusia yang masing-masing baik secara perorangan maupun kelompok saling mendahulukan kerja sama untuk mendahulukan pencapaian tujuan. Kelompok-kelompok manusia yang dimaksud adalah sumber daya manusia yang terdiri dari : Kepala sekolah, guru-guru, dan tenaga administrasi / staff, peserta didik, dari kelompok orang tua siswa.
Administrasi berasal dari kata bahasa inggris yaitu ‘ad’ yang artinya intensif, sedangkan ‘minidrasi’ adalah melayani, membantu atau mengerahkan secara intensif (terus menerus). Sedangkan administrasi dalam arti sempit merupakan setiap menyusun keterangan-keterangan secara sistematis dan pencatetanya secara tertulis, dan dalam arti luas administrasi merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan yang merupakan suatu proses pengelola dari rangkaian yang menyeluruh dan yang bersifat dinamis.
Sekolah merupakan instansi pendidikan yang berintregitas antara komponen yang satu dengan yang lain. Salah satu komponen pendukung yang penting dalam instansi pendidikan, dalam hal ini sekolah adalah tenaga administrasi. Peran dari tenaga administrasi sekolah sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran tata administrasi sekolah. Di dalam menangani tata adminsitrasi sekolah dibutuhkan suatu keahlian dan kemampuan yang cukup dalam bidang administrasi. Oleh karena itu sumber daya manusia dalam hal ini tenaga administrasi menjadi komponen yang penting dalam suatu sekolah.

Kelas adalah sebuah ruang dilembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sehingga terjadilah perubahan tingkah laku. Agar pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah, dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa administrasi kelas. Dengan administrasi / pengelolaan kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik, yang memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula, dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal.

BACA JUGA  CARA UPDATE DATA SIM PKB

1.2 Rumusan Masalah

1.1 Apa yang di maksud denganAdministrasi

1.2 Apa Pengertian Administrasi Kelas

1.3 Aspek dalam Administrasi kelas

1.4 Faktor yang mempengaruhi Administrasi kelas

1.5 Fungsi Administrasi Kelas

1.6 Tujuan Administrasi kelas

1.3 Tujuan

1.1 Untuk Mengetahui Apa yang di maksud denganAdministrasi

1.2 Untuk Mengetahui Apa Pengertian Administrasi Kelas

1.3 Untuk Mengetahui Aspek dalam Administrasi kelas

1.4 Untuk Mengetahui Faktor yang mempengaruhi Administrasi kelas

1.5 Untuk Mengetahui Fungsi Administrasi Kelas

1.6 Untuk Mengetahui Tujuan Administrasi kelas

Makalah ini membahas tentang bagaimana membuat sebuah adminitrasi kelas

untuk lebih jelasnya file dapat di unduh di link di bawah ini

DOWNLOAD

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *