KARYA ILMIAH

KARYA ILMIAH
KARYA ILMIAH

PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH

Sebenarnya karya tulis ilmiah ialah sebuah karya yang merupakan laporan maupun tulisan dengan menjabarkan hasil penelitian atau riset dari sebuah masalah. Sedangkan penelitian yang dilakukan bisa berupa kelompok maupun individu. Namun dalam meneliti juga harus mematuhi aturan-aturan serta kaidah ilmu yang sudah disepakati dan ditaati kalangan keilmuan.

Dapat juga diartikan sebagai hasil penelitian yang telah disusun dengan rinci serta sistematis berdasarkan kaidah yang telah ditetapkan. Dikalangan pelajar, karya tulis ilmiah ini juga biasa disebut dengan scientific paper. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian karya tulis ilmiah, langsung saja simak ulasan dibawah ini!

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Laporan Penelitian

Karya tulis ilmiah yang pertama bisa kamu buat ialah laporan penelitian. Pengertian laporan penelitian ialah sebuah laporan yang telah ditulis sesuai dengan penelitian yang sudah dilakukan. Contohnya saja laporan penelitian masalah microba yang ditulis mahasiswa jurusan biologi.

PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH BERBENTUK MAKALAH

Pengertian makalah merupakan karya tulis dengan isi didalamnya membahas masalah data yang ada dilapangan yang sifatnya empiris & objektif terhadap sebuah permasalahan. Makalah juga dirancang sesuai dengan analisa logis dari penulis terhadap masalah tertentu. Sehingga pemikiran tersebut akan dituangkan didalam makalah dengan sangat sistematis dan juga rapi.

Ciri ciri Karya Ilmiah

Ada beberapa hal mengenai ciri ciri karya ilmiah itu sendiri. Diantaranya sebagai berikut :

1. Struktur Sajian

Untuk struktur karya ilmiah sendiri cukup ketat, dan biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (Pembahasan), dan Penutup.

2. Komponen dan Substansi

Ada beberapa variasi komponen karya ilmiah yang mesti sesuai jenis karya ilmiah sendiri. Tapi semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Artikel mengenai karya ilmiah dalam jurnal mempersyarakatkan adanya abstrak.

3. Sikap Penulis

Sidap penulis karya ilmiah merupakan objektif, dengan penyampaian gaya bahasanya impersonal. Penggunaannya yang bentuk pasif tanpa menggunakan kata ganti orang pertama maupun kedua.

4. Penggunaan Bahasa

Dalam pembuatan karya ilmiah menggunakan bahasa yang baku dengan pilihan kata / istilah, dan kalimat-kalimat yang efektiv dengan struktur yang baku.

Cara Menulis Karya Ilmiah

Untuk mengetahui cara menulis karya ilmiah, kamu harus tahu dulu apa saja jenis jenis karya ilmiah. Karena cara membuat karya ilmiah dibedakan atas penggunaanya. Misalnya saja digunakan untuk laporan penelitian sebuah lembaga yang telah membiayai semua hal yang berhubungan pada penelitian tersebut.

Berbeda dengan karya ilmiah yang digunakan untuk seminar, biasanya jenis karya ilmiah ini berbentuk sebuah jurnal atau makalah yang berhubungan terhadap masalah seminar. Walaupun begitu, pada bangku perguruan tinggi terdapat karya tulis ilmiah diantaranya: makalah, skripsi, kertas kerja, tesis dan juga disertasi.

1. Menentukan judul

Langkah pertama untuk cara membuat karya tulis ilmiah ialah menentukan judul. Disini judul yang kamu ambil harus konkrit, tidak meluas serta menggambarkan ide dari hasil karya tulis ilmiah yang kamu buat. Untuk itu, tentukan tema dahulu sebelum kamu menentukan judul pada karya tulis ilmiah tersebut.

2. Memberikan latar belakang

Selanjutnya ialah dengan mencantumkan latar belakang. Tujuannya ialah supaya pembaca mempunyai pemahaman awal pada karya tulis ilmiah buatan kamu. jadi, tulislah latar belakang kenapa kamu mengambil judul tersebut.

Latar belakang masalah berisi tentang kenapa kamu mengambil judul tersebut pada karya tulis ilmiah yang kamu buat. Jadi, berikan gambaran secara garis besar alasan kamu ambil judul tersebut.

3. Membuat rumusan masalah

Tahap selanjutnya yang harus dicantumkan ialah rumusan masalah. Dengan pembuatan rumusan masalah, tentu akan membatasi ruang lingkup pembahasan dalam karya tulis ilmiah buatan kamu. cara menemukan rumusan malasah ialah dengan menghadapkan sebuah hal yang ideal terhadap realitas yang terjadi.

Contohnya saja secara ideal koruptor harus dihukum mati. Namun faktanya koruptor Cuma diberi hukuman penjara. Sehingga kamu bisa coba buat rumusan masalah mengenai factor apa saja penghambat penerapan hukuman mati untuk koruptor.

4. Membuat pembahasan yang sederhana

Cara membuat karya tulis ilmiah selanjutnya ialah dengan melakukan analisis dari pembahasan yang kamu buat. Caranya dengan menerapkan beberapa hal yang ideal dengan fakta yang ada. Pastinya ada beberapa factor yang akan menghalangi penerapan tersebut.

Sehingga kamu harus memberikan gagasan untuk menghilangkan penghalang tersebut. Selain itu, analisis yang kamu lakukan juga harus bersifat mudah dipahami dan sederhana.

5. Membuat Kesimpulan

Cara membuat karya tulis ilmiah yang terakhir dengan mencantumkan kesimpulan. Bagian kesimpulan jangan terlalu panjang dan sertakan dengan saran. Kesimpulan ialah tulisan mengenai jawaban dari pembahasan karya tulis ilmiah yang kamu buat.

BAGIAN PEMBUKA

Pada bagian pembuka, harus terdiri dari: sampul, halaman judul, dan juga halaman pengesahan. Selain ketiga itu, kamu juga harus menambahkan abstraksi, kata pengantar serta daftar isi.

BAGIAN ISI

Untuk sistematika pembuatan karya tulis ilmiah selanjutnya ialah bagian isi. Pada bagian ini harus terdiri dari pendahuluan, adanya Latar belakang masalah, Rumusan masalah, pembatasan masalah atau pembahasan, apa saja tujuan penelitiannya, serta Metode penelitian.

PEMBAHASAN

Dalam tahap pembahasan karya tulis ilmiah, kamu harus mencantumkan pembahasan teori, argumentasi keilmuan dan kerangka pemikiran, serta pengajuan hipotesis masalah.

METODOLOGI PENELITIAN

Selanjutnya ialah tahap metodologi penelitian. Pada tahap ini kamu harus mencantumkan Waktu & tempat penelitian, bagaimana Metode & rancangan penelitiannya, apa saja Populasi & sampelnya, bagaimana Instrumen penelitian, dan Pengumpulan data ataupun analisis datanya.

HASIL PENELITIAN

Langkah yang selanjutnya ialah hasil penelitian. Pada tahap ini kamu harus menyertakan tentang jabaran varibel penelitian, bagaimana hasil penelitiannya, pengajuan hipotesis, tentang diskusi penelitian, memberikan pandangan teoritis terkait hasil yang sudah kamu dapatkan.

BAGIAN PENUTUP

Pada bagian ini kamu harus memberikan ulasan tentang Penutup, Kesimpulan dan juga Saran.

Ada juga bagian penunjang yang harus kamu lampirkan ialah Daftar pustaka, beberapa lampiran yang menjadi instrumen penelitian, dan juga daftar Tabel.

Contoh-contoh karya ilmiah yang sudah jadi dapat di unduh pada link di bawah ini:

BUDIDAYA BENGKUANG Download

BUDIDAYA JAGUNG Download

MANFAAT PEPAYA DAN PISANG BAGI KECANTIKAN Download

BAHAYA MINUMAN KERAS BAGI PELAJAR Download

CARA BUDIDAYA TANAMAN PISANG Download

(Visited 21 times, 1 visits today)